Translate

Tuesday, May 20, 2014

ERP - Apa itu ERP ( Enterprise resources Planing)




Navision Indonesia -   ERP dari istilah kerennyaenterprise resource planning, adalah sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahan distribusi / manufaktur maupun jasa yang berperan melakukan INTEGRASI data antar bagian/departement dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan bersangkutan.






       Sulit dipahami ya sepertinya definisi di atas ya ?? ok, kita akan buat perumpamaan simpel nya. Contohnya seperti ini, bayangkan anda seorang Owner ( Management area ) atau pemilik perusahaan. Perusahaan anda mempunyai banyak cabang, ada di Kalimantan, ada di Sumatra, ada di Bali, Papua, Singapore, Malaysia, Korea. Sedangkan anda mempunyai Kantor pusat di Jakarta.

        Tentunya sebagai owner, anda ingin mengetahui penjualan anda satu hari ini berapa, pengeluaran anda satu hari ini berapa, posisi  stock barang dagang anda berapa, barang apa sih yang paling laku di tiap wilayah, barang apa sih yang kurang laku, owner ingin melakukan analisa penjualan beberapa periode ke depan, dan apa yang harus di siapkan untuk menghadapi persaingan.

       Atas dasar kebutuhan tersebut, bayangkan jika tidak harus dilakukan rekap secara manual tiap hari datanya. Apakah itu mungkin? apakah cukup waktunya? apakah ke validitasan data dapat terjamin?. Oleh karena Itu, perusahaan membutuhkan tools  sebagai alat bantu untuk melakukan INTEGRASI data setiap wilayah cabang, setiap departemen di dalam cabang,  dan antara perusahaan-perusahaan cabang.

      Dan yang tools tersebut ialah sistem ERP, jadi secara sederhana ERP adalah sistim informasi atau bisa di sebut aplikasi yang membantu perusahaan untuk melakukan INTEGRASI data antara setiap departement, output yang di hasilkan sistem ERP adalah DATA atau LAPORAN yang di gunakan management untuk melakukan analisa bisnis , guna menghadapi persaingan di pasar.





   Contoh simpelnya, saat bagian Sales admin di Kalimantan mendapat pesanan penjualan, dia melakukan input di dalam sistem ERP, saat itu juga admin tersebut dapat melihat posisi stock di perusahaannya secara data di sistem ERP, selanjutnya  bagian Gudang dapat melihat adanya order pengiriman melalui sistem ERP, saat melakukan pengiriman barang, barang di Gudang berkurang jumlahnya, saat itu juga bagian Produksi dapat langsung menyiapkan proses produksi, dan saat itu juga bagian keuangan dapat menyiapkan tagihan ( Invoice ), Integrasi data terjadi di sana, mempercepat proses bisnis, menciptakan komunikasi yang valid, menciptakan proses yang efisien.

     Owner / Management di Jakarta, dapat dengan langsung saat itu juga mendapat / melihat laporan penjualan harian di setiap wilayah Kalimantan, sumatra, singapore (setiap kantor cabang yang terintegrasi sistem ERP), melihat posisi stock, mempersiapkan Strategi apa yang harus disiapkan untuk menghadapi persingan dari pesaing. 

ERP mempunyai beberapa Brand yang utama ;


  • Microsoft Dynamics
  • SAP
  • Oracle 
  • Epicore
  • 100 merk lebih yang lain di dunia.




Itulah Fungsi ERP Brother, saat sekarang anda tidak ada tools untuk menghadapi persaingan, anda akan kalah dalam bersaing.


Untuk Informasi lebih lanjut tentang Microsoft Dynamics NAV.
Please Contact:

Adhi Firmansyah, MBA
+62 812 961 5544
Adhi.firm@yahoo.com

10 comments:

  1. Dear Pak Adhi,
    boleh sya tau, ada tidak buku dari Microsoft Dynamics Nav tersebut. terima kasih.

    ReplyDelete
  2. Pagi Pak hambali,

    Dulu pernah liat di Gramedia Grand Indonesia, dengan judul dynamics ERP tidak spesifik bicara tentang NAV.

    Terimakasih.

    ReplyDelete
  3. great and nice information thanks for providing useful information
    Microsoft dynamics nav training

    ReplyDelete
  4. This list is in fact very beneficial. Remarkable and satisfactory information thank you for offering beneficial statistics
    for more information please check the site
    oracle fusion procurement online training
    oracle fusion procurement training

    ReplyDelete
  5. This list is very useful one, good points were mentioned in this one which is very useful one and for the further information visit us at
    Oracle Fusion Financials Training

    ReplyDelete
  6. saya sedang mencari mengenai materi ERP dan saya menemukan artikel ini, terima kasih atas penjelasannya sangat bermanfaat

    My blog

    ReplyDelete
  7. Thank you for giving the information and it is use full for me. training with placement in Hyderabad

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. I am incapable of reading articles online very often, but I’m happy I did today.It is very well written, and your points are well-expressed.I request you warmly, please, don’t ever stop writing. Most Popular Accounting Software Malaysia

    ReplyDelete